S1 Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku. Sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif. Hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV adalah mengolah pesan dan mengembangkan bentuk bahasa visual yang digunakan untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran. Karya seni yang dihasilkan oleh seorang desainer komunikasi visual lebih ditekankan dengan konsep yang bermaksud-tujuan dan ditujukan untuk khalayak yang disasar.

Visi
  1. 1. Visi Umum

Pada tahun 2035 menjadi program studi yang unggul dama memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang desain komunikasi visual dan membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup, yang bermartabat, berwawasan luas, berdaya saing tinggi, peduli lingkungan dan pelopor kesejahteraan di Asia Tenggara.

2. Visi Keilmuan

Mengembangkan keilmuan Desain Komunikasi Visual yang unggul dan berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat urban yang tetap berakar dari nilai budaya lokal dengan memanfaatkan teknologi sesuai perkembangan jaman.

Misi
  1. Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara profesional dan taat asas di bidang desain komunikasi visual.
  2. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang desain komunikasi visual.
  3. Membangun budaya riset menuju tercapainya UPJ sebagai universitas riset di bidang desain komunikasi visual.
  4. Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna di bidang desain komunikasi visual
  5. Membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup yang berperilaku luhur dan berdaya saing tinggi, melalui peneraoan Nilai-Nilai jaya dan pola ilmiah pokok UPJ di bidang desain komunikasi visual.
  6. Bersinergi melalui kerjasama nasionald an internasional mencapai keunggulan koparatif di bidang desain komunikasi visual.
Alamat Website http://www.dkv.upj.ac.id/
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!